Tim TP4D Lakukan Pembinaan Pengadaan Barang / Jasa dan Sosialisasi E-Catalog

Blora – Tim TP4D Kabupaten Blora hari ini, Kamis (09/11/2017) melakukan Pembinaan Pengadaan Barang / Jasa dan Sosialisasi E-Catalog di Gedung Sekretaris Daerah Kabupaten Blora.

Yulitaria, S.H, M.H selaku Kepala Kejaksaan Negeri Blora menyampaikan materi tentang Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dalam Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah. ” Kewenangan penyelidikan / penyidikan Pengadaan dan Jasa diatur dalam Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 dan Peraturan Presiden No. 70 Tahun 2012. Yang mana sumber alokasi dana nya berasal dari APBD atau APBN” imbuh Kajari Blora.

” Bentuk Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa antara lain bisa pemberian suap, penggelapan, pemerasan, pemalsuan, penyalahgunaan wewenang, kepentingan bisnis orang dalam, komisi, nepotisme dan sumbangan ilegal” tambah Yulitaria, S.H, M.H

Selain itu Dafit Supriyanto, S.H yang mendampingi Kajari Blora menambahkan ” Pola modus operandi yang dilakukan dalam kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa bisa melakukan Mark Up, double anggaran, penggunaan anggaran yang tidak sesuai peruntukannya”

” Upaya yang dilakukan dalam pemberantasan Tindak Pidana Korupsi bisa dilakukan dengan langkah preventif yaitu melakukan penyempurnaan Peraturan Perundang-undangan, penyempurnaan kelembagaan dan tata kerja, penyuluhan dan penerangan hukum, pemantauan terhadap proyek yang rawan KKN serta kewajiban membuat LHKPN bagi setiap penyelenggara negara. Dan bisa juga melakukan langkah Represif yaitu melalui penegakan hukum berupa : penyelidikan, penyidikan, penuntutan, upaya hukum dan eksekusi” tambah Dafit Supriyanto, S.H (admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *